27.4.12

Potret Kartini Masa Kini : Namanya Nova Setya

27.4.12
Nova Setya


Potret Kartini masa kini, dialah Nova Setya (yang ada di sebelah kanan saya / tengah). Bukan karena kebaya yang dia gunakan, bukan pula sanggul yang menghias rambutnya. Lebih dari itu, ini tentang pemikirannya. Bahwa siapa saja berhak menuntut ilmu setinggi tingginya, dengan telapak kaki masih mengikuti gaya gravitasi.

Keterangan Foto

Foto di atas diambil pada 2006, saat saya sedang mengikuti yudisium di Aula Fakultas Sastra UJ. Masih menggunakan kamera poket, tapi syukurlah berhasil memotret kenangan.

Itu adalah saat yang berat. Pertama, karena saya masuk dalam kolom mahasiswa yang lulusnya paling lama. Yang kedua, di tengah acara saya kebingungan, inguk-inguk mencari Bapak. Eh ternyata Bapak lagi ngopi di kantin. Beliau bosan dengan seremonial yudisium (yang memang sangat membosankan).

Suasana yudisium yang berat, aula yang pengap dan seremonial yang membosankan, seketika hilang manakala saya menoleh dan mendapati senyum Nova, haha..

Nova Adalah Potret Kartini Masa Kini

Nova tidak pernah berhenti belajar. Tahun 2006 Nova lulus dari D-3 Bahasa Inggris Fakultas Fastra. Di tahun yang sama dia melanjutkan S1, masih di FSUJ. Setelahnya, dia masih melanjutkan S2 di Fakultas Ilmu Budaya UGM. Dan kabarnya dia masih memelihara mimpi untuk senantiasa belajar dan terus belajar.

Inspiratif. Bagi saya, Nova adalah potret Kartini masa kini. Meskipun terus terang saja, kiprah Nova tidak berhasil membujuk saya untuk melanjutkan kuliah di jenjang yang sangat tinggi. Cukuplah saya kuliah di Universitas Acacicu saja, hehe.. Lumayan, bisa bikin gelar sendiri.

Nova dan Ibunda :

Nova Setya, Nova dan Mama

Yang ini Super Bonus :

Saya dan Nova, Suatu hari di GOR PKPSO jember
Saya, si kuning Nona BMX, dan Nova Kartini masa kini :)


Tulisan ini diikutsertakan pada Kontes Blogger Kartinian yang diselenggarakan oleh Blog Ceritayuni disponsori oleh Blogdetik dan BlogCamp Group


51 komentar:

  1. Kartini yang peduli pendidikan Masbro,
    semoga semangatnya juga sama dengan kiprahnya sebagai ibu tentunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.. saya juga berdoa begitu Mbak. Semoga Nova bisa :)

      Hapus
  2. Waahh...semangatnye keren euy,aye ikutin jejak mas bro aje dah belajarnye di uneg2sibelo aje #uhuiii ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. kita bikin Universitas sendiri ya Nay..

      Hapus
  3. cakep bro... para kartini indonesia yang selalu dan terus belajar.... salam buat NOVA ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah anaknya baca ini dan semoga salamnya juga dibaca, hehe.. Terima kasiiih

      Hapus
  4. semua perempuan indonesia sepertinya juga harus punya semangat untuk terus belajar ya mas, belajar tidak harus di lembaga formal, di lingkungan sekitar kita juga banyak kok ilmu yang bisa kita dapatkan, salah satunya ya dari dunia blog ini...betul kan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuul..

      Konon kabarnya, setiap tempat adalah sekolah bagi kita, dan setiap orang adalah guru bagi kita..

      Hapus
  5. Saya suka poto yang paling bawah..
    Hayo.. dulu.. jangan-jangan.. jangan-jangan nih..

    #BUat Prit sabar yo nduk..# haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyahaha.. ora Mbaaak..

      Hapus
  6. Masbro makasih ya sudah ikutan kontesku..

    Ikut bangga dengan Nova yang belum mblenger 'makan' bangku sekolah.
    Tapi ngomong-ngomong fotonya Nova cantik juga ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Yun :)

      Hihihi, iya.. Nova memang moooyyy..

      Hapus
  7. Wow... gan gila di foto bareng cwe cantik mulu :))

    BalasHapus
  8. Yuk marii kita belajaar..
    smangat kaya NOva..

    Bro..bro..piye tho..
    wes apik2 pake jas, masih pegang rokok
    #weleh2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. rokok'e lali ora disensor Mbak :)

      Hapus
  9. Saya salut dan kagum untuk mereka2 yang tak pernah henti menuntut ilmu dijalur formal...
    Saya sendiri merasa cukup dengan ilmu yg sekarang, dan saya permak dengan ilmu kehidupan...
    Wis bosen nyekel buku catetan Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk.. setiap hari pegang buku pelajaran nggih Pak, jadi males pegang buku catatan, hehe..

      Hapus
  10. Semoga sukses dan memenangkan kontes ini Masbro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pak Mars :)

      Hapus
  11. itu adiknya nova eliza apa ya mas...? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. namanya yang mirip..

      Hapus
  12. ikutan kontes toh...kenangan yg sangat indah...cantik ya mbak nova

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lagi ikutan kontesnya Mbak Yuni. Makasiih

      Hapus
  13. pakde doakan menang kontes dech, dan semoga mbak nova selalu cantik he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin.. terima kasih Pak De Sulas.

      Hapus
  14. ikut memberikan salam ah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.. Tak wakili ya Man Ebi :)

      Ehem ehem..

      Hapus
  15. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    kekurangan kita bukanlah sesuatu yang buruk .,..
    jadikanlah kekurangan kita sebagai kelebihan kita.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  16. udah minta ijin prit belum nih? hihihi
    Semoga semakin banyak Nova-nova Indonesia yang bisa memajukan kwalitas bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. sudah dong Mbak..

      Semoga.. Hidup Perempuan Nusantara..!

      Hapus
  17. semoga Nova sukses di pendidikannya

    dan masbro juga sukses di universitas Acacicu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiin.. terima kasih Tanteee..

      Hapus
  18. Entah berapa lama saya absen berkunjung ke blog ini.


    salam hangat masbro. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hangat kembali :)

      Hapus
  19. mbak prit gak cemburu kan hehehe. cakep ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok Mbak. Nova ini Kakak tingkatnya Prit hehe..

      Hapus
  20. salam untuk Nova, namanya kayak ponakanku, sama-sama cantik, sama-sama pinter, tapi Nova masih 10 tahun,hihihi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga buat Nova kecil ya Mbak, hehe,,

      Hapus
  21. berbagi Kata Kata Motivasi gan =>
    >Doaku hari ini: Tuhan, aku ingin apapun yang aku lakukan bermanfaat dan dapat memberi kebaikan kepada semua orang.

    Dengan memudahkan hidup orang lain, hidup kita akan dimudahkan oleh Tuhan.

    semoga dapat di terima yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata-kata motivasinya oke. Makasih ya sudah berbagi :)

      Hapus
  22. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

    Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

    Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

    Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

    Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

    BalasHapus
  23. berbagi Kata Kata Bijak Mario Teguh
    Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi orang tua yang masih melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan saat muda.

    semoga bermanfaat dah, sukses selalu dah , ku tunggu yah kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  24. berbagi kata-kata motivasi gan
    Jangan memulai sesuatu yang tak ingin kamu selesaikan. Jangan menghentikan sesuatu yang belum kamu selesaikan.

    Percaya pd Tuhan saat semua terasa mudah, itu biasa. Percaya pd Tuhan saat semua terasa susah, itu luar biasa.

    Hal pertama yg perlu diingat untuk menjadi sukses: lakukan segala sesuatu dari hati.

    Org menyebut "Karma itu jalang". Kau menyebutku "Jalang". Mungkinkah itu berarti aku adl Karma-mu? :)

    Terkadang cinta memang begitu menyakitkan, tapi karena cinta juga, kamu selalu temukan dirimu tersenyum tanpa alasan.

    Semua akan baik baik saja bila anda yakin terhadap tujuan anda.

    salam kenal, dan semoga dapat di terima yah :D

    BalasHapus
  25. Kata Kata Motivasi Mario Teguh
    Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
    bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
    Karena keseimbangan sikap adalah penentu
    ketepatan perjalanan kesuksesan anda

    BalasHapus
  26. kartini indonesi memang cakep",,,, cuman bisa berkata WAW gtu,,,

    BalasHapus
  27. Jadi dirimu sendiri. Org akan menyukaimu apa adanya. Meski ada yg membenci karena alasan yg sama, tak berarti kamu hrs berubah.

    BalasHapus
  28. Terima kasih pada Trica Jus, obat tradisional gagal ginjal, dan pengobatan penyakit kanker paru-paru, atas komentarnya. Salam jreng jreng jreng..

    BalasHapus

acacicu © 2014