17.9.10

Gumuk, Ciri Khas Kota Jember

17.9.10
Ada yang menarik dikota Jember selain TAMASYA BAND. Hehe..sekalian promosi. Gumuk namanya. Menurut penelitian Lembaga Penelitian Universitas Jember pada tujuh kecamatan., jumlah gumuk mencapai lebih dari seribu buah. Belum lagi jumlah gumuk di kecamatan kecamatan lainnya.

Gumuk merupakan istilah khusus yang diberikan pada suatu bukit. Dengan ketinggian berkisar antara 1 meter sampai dengan 57,5 meter. Jember dengan gumuknya, memberikan pola bentang alam yang khas. Yang tidak dijumpai di daerah daerah lain di Indonesia (padang, 1939). Namun ada bantahan dari Ir. Sutrisno M.S. Dosen jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Jember. Wilayah lain yang mempunyai bentang alam gumuk adalah Tasikmalaya.

Formasi gumuk gumuk di Jember dianggap sebagai bekas aliran lava dan lahar dari kawah gunung Raung. Aliran ini lalu tertutup oleh bahan vuklanik yang lebih muda. Sampai ketebalan puluhan meter yang berasal dari gunung Raung sekarang. Kemudian terjadi erosi pada bagian bagian yang lunak. Yang terdiri atas sediment vulkanik lepas2 selama kurang lebih 2000 tahun. Lalu menghasilkan bentukan topografi gumuk. Seperti yang dap[at dilihat saat ini. (Verbeek dan Vennema, 1936).

Sebaran dan bentuk gumuk terlihat mengecil ketika jaraknya semakin jauh dari gunung Raung. Gumuk gumuk besar dengan ketinggian lebih dari 50 meter dapat dijumpai di Kecamatan Sukowono, SumberJambe, dan Mayang. Sementara di Kecamatan Wuluhan, Balung dan Kencong, ketinggian gumuk hanya sekitar 1 – 2 meter saja.

Unsur utama Gumuk adalah batuan. Karena gumuk berasal dari lontaran gunung berapi. Bagian atas gumuk menjadi tanah yang subur. Ini karena ribuan tahun formasi gumuk berubah. Terjadi proses pelapukan. Macam2 batuan di dalam gumuk. Batu padas, batu pondasi, batu koral, batu piring, dan batu pedang. Itu yang mengundang adanya eksploitasi Gumuk untuk ekonomi.

Akan saya bahas di artikel berikutnya tentang manfaat Gumuk dari beberapa sisi.

Tulisan ini juga saya terbitkan di sebuah blog yang bercerita tentang seputar jember, jemberspot.blogspot.com

Terima kasih..

4 komentar:

  1. Gumuk Kembar dan Gumuk Mas dekat Umbulsari dan Semboro, banyak ya nama daerah pakai gumuk di Jember?

    BalasHapus
  2. @Cah Kencong : Ya, di daerah Jember utara juga ada nama2 yg ada gumuknya, seperti Gumuk Bago, tp lebih kecil dr yg sampean contohkan itu (Jember selatan). Makasih mas kunjungannya;

    BalasHapus
  3. gumuk?
    baru tau... ternyata bukit gitu yaa

    kalo bisa dikasi foto juga
    biar makin jelas

    BalasHapus
  4. Waduh Mbak Elsa, maap komentarnya baru tak bales sekarang.

    Iya Mbak, serupa dengan bukit, cuma beda materialnya.

    Foto? Oh iya, maap ya Mbak, nggak ada fotonya hehe.

    BalasHapus

acacicu © 2014